Kini di era MEA 2015 war for talent antar organisasi telah menjadi kenyataan di depan mata kita. Kebutuhan unit kerja, organisasi dan kepesatan peningkatan perusahaan tidak diiringi ketersediaan penawaran profesional yang sepadan. Hal ini mengakibatkan perang talenta memanas hingga ke level tertinggi. Persaingan perekrutan dan pembajakan talenta profesional bahkan menghadirkan praktik perang talenta di luar batas logika akal sehat. The demands for talent for exceeds supply. Manajemen talenta, tak pelak merupakan salah satu isu prioritas yang paling membuat pusing para eksekutif puncak dewasa ini

Rabu, 02 Juli 2014

THE PERSONAL BRANDING PYRAMID

Bhalotia (2002:4) menciptakan personal brand banyak kemiripan dengan menciptakan brand lainnya. Elemen brand harus dibuat, memberikan makna, memposisikannya dan komunikasikan maksudnya dengan teratur dan berkali kali.
Yang dimaksud dengan Tahapan pada personal branding adalah sebagai berikut;
  1. Menentukan siapa personal branding. Harus ditentukan apa kekuatan terbesar dan paling berharga sebagai personal traits pada personal branding.
  2. Menentukan apa yang dilakukan personal branding. Ditentukan satu area terbesar yang paling diminati atau keinginan terbesarnya. Hal ini merefleksikan satu jenis pekerjaan yang akan dilakukan dalam kehidupan.
  3. Memposisikan personal branding. Dengan identifikasi kualitas atau karakteristik yang membuat seseorang menjadi khusus dari kompetitor atau rekan kerja, satu diantaranya dapat menciptakan posisi bagi personal branding.
  4. Mengelola Personal Branding-nya. Kunci dari kampanye personal branding adalah pemasaran dari word-of mouth marketing. Kendaraan terpenting dari personal branding adalah jaringan teman, kolega, klien dan pelanggan.

O’neil (2010:15) mengatakan bahwa merencanakan proses personal branding memerlukan empat langkah. Langkah-langkah tersebut adalah; (1) Discovery, (2) Brand, (3) Approach dan (4) Management. Yang dimaksud dengan langkah-langkah tersebut adalah; Discovery (penemuan) adalah apa yang akan dikatakan kepada orang lain mengenai citra positif dari personal branding berdasarkan track record-nya. Brand (merek) adalah pernyataan mengenai target atau tujuan akhir dari personal branding. Approach (pendekatan) adalah langkah strategi personal branding yang penting untuk mencapai target. Approachment menggunakan 4Cs of personal marketing, yaitu; a) Content, b) Community, c) Conversation, d) Consistency. Management adalah dimulainya menjalankan strategi personal branding dan mengadakan pengukuran dan evaluasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar