Kaplan and Norton, Covey dalam Rampersad (2003:10), Ambisi
Pribadi adalah konstitusi individu dimana hidup kita dan perilaku sebagai
dasar. Chopra dalam Rampersad (2008:39) hukum
spiritual dari kesuksesan adalah hukum Dharma. Dharma adalah kata Sankrit yang dapat
diartikan sebagai “goal in life”.
Hukum ini memiliki tiga komponen: (1) Manusia di bumi untuk menemukan bahwa manusia nyata, untuk
mengetahui bahwa manusia sungguh
nyata adalah spiritual. (2) Manusia memiliki talenta/bakat yang unik, yang tidak dimiliki
orang lain. (3) Memanfaatkan talenta untuk melayani umat manusia lainnya.
Unsur-unsur dasar organisasi pembelajaran didasarkan pada
pengalaman orang. Irama perbaikan kemampuan organisasi ditentukan juga oleh
efisiensi yang digunakan oleh anggota tim untuk belajar dari pengalaman. Untuk
mencapai hasil belajar yang optimum pemimpin harus memiliki tingkat pendidikan
tertentu serta kesempatan untuk mendapatkan pengalaman, karena pemimpin yang
berpengalaman belajar lebih cepat. Proses belajar ini didasarkan pada siklus
belajar Kolb (1984). Titik awal dalam siklus belajar itu adalah pembelajaran
empiris dan tahap-tahapnya adalah memperoleh pengalaman, mengamati dan merenung,
membuat kesimpulan dan bereksperimen. Keempat tahap itu berhubungan dengan
keterampilan berikut: melakukan, merenungkan, memikirkan dan memutuskan.
Pengetahuan diri memungkinkan setiap orang belajar secara
perorangan dan kemudian melakukan perubahan perilaku. Hasil perubahan
pembelajaran bersama kemudian dikaitkan dengan perubahan perilaku organisasi. Lingkaran
Deming (1985:62) merupakan siklus belajar. Siklus belajar Deming dan Kolb
terus-menerus berputar dalam konsep Total
Performance Scorecard (TPS) dan secara bersama-sama membentuk dasar
sempurna untuk menciptakan organisasi belajar berkelanjutan dan memperbaiki
kapasitas belajarnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar