1. Menepati janji, secara berkala
Jangan pernah
membuat janji yang Anda yakini tidak dapat Anda penuhi. Tidak ada yang dapat
membunuh kredibilitas Anda lebih cepat daripada ingkar janji atau harapan yang
tidak terpenuhi. Kadang-kadang menepati janji dapat menjadi tantangan, jika hal
itu tidak menyakitkan. Komitmen ini akan mengembangkan disiplin dan integritas.
Praktikan hal itu dengan anak-anak Anda termasuk rekan kerja Anda.
2. Berpakaian untuk memberikan pengaruh
Jangan berpakaian
untuk mengesankan, berpakaianlah untuk memberikan pengaruh. Itu artinya
memastikan penampilan Anda konsisten dengan merek pribadi dan profesional Anda.
Mulailah dengan bertanya pada diri sendiri bagaimana seorang pemimpin yang
memiliki aspirasi seperti Anda akan muncul dihadapan orang lain.
Dan jangan membatasi
penampilan hanya untuk diri sendiri. Terapkan juga untuk perusahaan Anda.
Butler Amusements, sebuah perusahaan karnaval Fairfield, Cal, selalu
membanggakan diri memiliki truk terbersih dalam bisnis mereka dan sudah
membangun merek dengan slogan : ” The Cleanest Show in the West”.
3. Perlakukan tim Anda seperti Anda mengharapkan
mereka memperlakukan pelanggan Anda
Minta tim Anda untuk
menjadi lebih sopan kepada pelanggan dan tidak sopan kepada mereka merupakan
sesuatu yang taboo dan tidak boleh dilakukan. Cara Anda memperlakukan orang
lain merupakan barometer untuk semua orang di tim Anda.
Robert Greenleaf
menciptakan istilah “Servant Leadership” di tahun 1960. Ini bukan tentang
menjadi seorang budak, tetapi tentang menemukan cara untuk mendukung karyawan
Anda sehingga mereka dapat menjadi sukses. Tanyakan secara berkala : “Apa yang dapat saya lakukan untuk membantu
Anda?”
4 . Tunjukkan komitmen Anda untuk pengembangan pribadi
Ada dua cara untuk
mengembangkan bisnis Anda : tumbuh sendiri dan tumbuh bersama tim Anda. Ketika
Anda dan tim Anda membaik, begitu juga tingkat pelayanan, efisiensi operasional
dan segala sesuatu yang lain.
Suncoast Coffee
Service and Vending adalah sebuah perusahaan kecil dari dua puluh karyawan yang
berbasis di Tampa, Florida. Para pendiri membayar karyawan untuk membaca
buku-buku yang menguntungkan kedua kehidupan pribadi dan profesional mereka.
Melalui program membaca perusahaan, yang disebut Membuat Orang Menjadi Lebih
Baik, buku-buku yang dibagikan kepada karyawan, bersama dengan data tanggal dan
pembacanya. Karyawan memiliki sekitar satu bulan untuk membaca buku dan
diberikan $50 setelah menyelesaikan itu. Pada akhir bulan, karyawan bertemu
untuk membahas buku tersebut.
5 . Tanyakan daripada menunggu umpan balik
Beberapa pemimpin
bereaksi terhadap umpan balik yang tidak diminta sebagai kritik dan melewatkan
kesempatan untuk belajar. Tapi menunggu karyawan Anda untuk menjadi cukup
berani menawarkan umpan balik Anda adalah proposisi berisiko. Jangan meminta
karyawan apa yang mereka suka atau tidak suka tentang Anda. Anda akan
mendapatkan informasi yang lebih baik dengan mengajukan pertanyaan: “Menurut
Anda, apa yang bisa saya lakukan untuk menjadi pemimpin yang lebih efektif ?”.
Jika seseorang
mengatakan Anda akan lebih efektif dengan berkomunikasi lebih jelas, minta contoh
kapan Anda tidak jelas ketika mengkomunikasikan sesuatu, sehingga Anda dapat
memahami apa yang dia maksudkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar