Jika kita membahas beberapa hal terkait penilaian diri
terhadap kepuasan karir anda sendiri memanglah tidak akan ada habisnya. Hampir
tidak ada satu orang pun yang mampu untuk menilai kepuasan karir orang lain selain
mereka mampu menilai kepuasan diri mereka sendiri.
Mengapa demikian? Sebab hal tersebut disebabkan oleh
adanya persoalan yang memiliki sifat individu bukanlah kelompok. Dan banyak
diantaranya orang-orang yang merasa bingung ketika mereka ditanya terkait hal
tersebut.
Bukan hanya itu, banyak juga diantaranya orang-orang
yang memiliki jenjang karir yang cemerlang serta bagus akan tetapi mereka masih
merasa kalau mereka sangatlah tidak puas dengan hasil yang selama ini mereka
dapatkan dalam berkarir.
Dalam menilai kepuasan kerja, ada banyak faktor yang
memiliki keterlibatan terhadap hal tersebut, dan beberapa faktor tersebut yaitu
pengakuan, kemajuan, tanggung jawab, perkembangan karir pada diri sendiri,
serta ada pada pekerjaan itu sendiri yang anda geluti dalam berkarir. Ada
beberapa aspek yang mampu mempengaruhi kepuasan dalam berkarir pada setiap
orangnya.
1. Menarik ada tidaknya pekerjaan yang dilakukan oleh
pekerja
Pada bagian ini, anda akan lebih cenderung menyukai
pekerjaan yang mampu memberi kesempatan kepada anda untuk lebih berkembang
serta lebih menunjukkan kemampuan serta keterampilan yang dimiliki oleh anda
selama ini. Dan seharusnya, semakin banyaknya tantangan yang menghampiri anda,
maka seharusnya anda semakin merasakan kepuasan dalam berkarir jika anda dapat
menyelesaikan rintangan tersebut dengan baik. Akan tetapi keadaan yang lebih
banyak disukai oleh mereka para pekerja yaitu mereka mampu menyelesaikan
pekerjaan yang memang sangatlah kurang menantang serta merasakan stres ataupun
frustasi ketika mereka tengah mengerjakan pekerjaan yang memang memiliki
tantangan yang dapat menguji keterampilan mereka.
2 . Kompensasi yang diterima dan kesempatan
Pastinya anda menginginkan kompetensi ataupun
pekerjaan yang memang pernah anda lakukan sebelumnya, dan hal tersebut biasanya
berbentuk gaji atau upah yang memang diterima oleh mereka. Sedangkan promosi
adalah suatu kebijakan yang diberikan oleh perusahaan tempat anda bekerja. Dan
biasanya jika kinerja anda dalam bekerja memiliki kesan yang baik, maka atasan
anda akan memberikan kesempatan untuk mempromosikan anda untuk naik jabatan di
perusahaan tersebut. Maka promosi ataupun bonus yang anda terima ini akan
membuat anda bekerja lebih baik lagi dari sebelumnya.
3. Dukungan rekan kerja
Ketika anda berada di lingkungan dunia kerja,
setidaknya anda tidak memiliki tujuan hanya untuk mencari penghasilan saja
berupa uang, namun anda juga harus memiliki tujuan untuk berinteraksi sosial
dengan sejumlah rekan kerja anda ataupun perusahaan anda di tempat anda
bekerja.
Sebab hubungan baik antara rekan kerja atau dengan
atasan anda di kantor dapat menimbulkan perasaan puas pada diri anda. Dan
hubungan baik tersebut antara lainnya yaitu rekan kerja anda yang ramah,
memiliki jiwa toleransi yang sangatlah tinggi, serta memiliki kekompakan yang
baik pula dalam mengerjakan satu pekerjaan atau lebih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar