Pastinya tidak ada satu pekerjaan yang terlepas dari
rasa stres. Karena tekanan tersebut bisa berasal dari load kerja yang sangatlah
tinggi, tidak adanya kecocokan antara anda dengan atasan anda di kantor,
kurangnya gaji yang diterima anda, ataupun tidak bisanya anda bekerja sama
dengan rekan kerja anda di kantor.
Walaupun benar pada kenyataannya anda tidak mungkin
bisa menghindari stres yang datang di kehidupan anda, namun perlu anda ingat,
masih banyak diantaranya cara yang bisa anda lakukan agar stres yang anda
rasakan tersebut justru malah bisa menjadi satu motivasi bagi anda untuk
bekerja lebih bersemangat lagi. Mungkin cara yang bisa anda lakukan dalam
mengelola stres tersebut berbeda dengan cara yang dilakukan oleh orang lain,
namun secara umum ada beberapa hal yang memang bisa anda lakukan ketika anda
tengah menghadapi stres yang menghampiri anda.
1. Prioritaskan yang pertama dan terpenting
Jika saat ini anda tengah memiliki beban yang berat
dalam menghadapi satu proyek yang penting sekaligus, maka anda harus tetap
tenang dalam menghadapi situasi tersebut. Anda harus tetap fokus pada tugas
yang memang telah menjadi satu prioritas bagi anda. Jika memang perlu anda
lakukan, mungkin anda bisa mengajukan pernyataan bahwa anda keberatan dengan
tugas yang diberikan oleh atasan anda, dikarenakan anda memiliki hak untuk
mengerjakan apa yang memang telah menjadi beban serta target yang akan anda
lakukan.
2. Tetap terorganisir
Ketika anda berada di tempat anda bekerja, maka anda
harus mengerjakan tugas yang diberikan kepada anda yang memang sesuai dengan
agenda yang telah ada. Dengan anda mengetahui target dengan jelas, maka anda
akan mengetahui bagaimana cara dalam membuat suatu perencanaan.
3. Komunikasi
Mungkin terkadang suatu rencana yang memang telah anda
susun sedemikian rupa tidak bisa selamanya dapat berjalan mulus sesuai rencana
dikarenakan adanya beberapa kendala. Oleh sebab itu anda penting menyampaikan
permasalahan tersebut kepada orang lain yang memang anda percaya yang juga
masih memiliki kaitan dengan pekerjaan yang anda jalankan tersebut. Kali saja
ada rekan kerja anda yang mungkin bisa membantu menyelesaikan permasalahan
tersebut.
4. Banyak bergaul
Ketika anda tengah menjalin satu kerja sama serta
pertemanan dengan rekan kerja anda dari divisi lain, maka hal tersebut akan
sangat berguna bagi anda untuk melancarkan pekerjaan anda saat ini. Mungkin
juga anda bisa meluangkan waktu anda sejenak hanya untuk makan siang sebentar
bersama atau pulang bareng sepulang kerja untuk menjalin kekompakkan.
5. Delegasi
Ketika anda berada di dalam situasi bekerja, jangan pernah sekalipun anda
meragukan setiap potensi yang dimiliki oleh rekan kerja anda. Dengan begitu,
anda bisa mendelegasikan tugas serta pekerjaan anda bisa diselesaikan lebih
cepat. Memang salah satu tujuan dari delegasi tugas anda tersebut kepada
bawahan anda untuk mengurangi stres. Walaupun demikian, anda harus tetap
mendampingi mereka agar tidak timbulnya kesalahan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar