Setiap orang perlu diingatkan bahwa jejak online mereka adalah tidak pernah
dihapus. Ini adalah hal yang baik dipandang dari spesialist pemasaran Seth Godin menyatakan Personal Branding di era Google yang menegaskan kenyataan bahwa
setiap orang akan berpikir sebelum mereka memasang sesuatu online seperti orang pada umumnya sebaiknya berpikir terlebih
dahulu sebelum berbicara, Reach
Communications Consulting (2009).
Tahapan
pada Reach Personal Branding Pyramid menurut
Arruda (2007:31) adalah sebagai berikut;
1. Foundation (dasar). Tahap pertama dasar dari personal branding
diperlukan, tahap ini disebut Stabilitas merek (brand stability). Memiliki fondasi brand yang kuat adalah sebagai kaki meja. Memiliki kesehatan yang
baik dan memiliki pikiran yang tepat untuk berkreasi adalah membangun dan
memelihara brand.
2. Aspiration (aspirasi). Aspirasi dari brand ketika ditemukan maka tahap ini termasuk brand discovery (penemuan merek). Tujuan akhir dari membangun brand harus jelas, target akan
memberikan arahan.
3. Differentiation
(perbedaan). Berbeda dengan yang lain
juga masuk didalam tahap brand discovery.
Branding adalah mengenai perbedaan,
keunikan digunakan untuk terlihat. Panduannya adalah; pemilik brand, target audience nya dan competitor
nya atau rekan kerja.
4. Visibility (jangkauan pengelihatan). Yang dimaksud dengan visibility adalah jangkauan atau radius
dari pengaruh personal branding.
Tahapan ini dinamakan brand communication
(komunikasi merek).
5. Connection (relasi). Relasi dalam organisasi adalah hubungan
dengan orang yang ada dalam organisasi tersebut. Tahap ini disebut brand environment (lingkungan merek).
Memiliki brand yang kuat membutuhkan
koneksi dengan jaringan untuk memantapkan pembangunan dan pengembangan. Brand berkembang untuk pemilik brand.
6. Congruence (kesesuaian). Tahap keenam
ini adalah personal brand yang
diinginkan. Tahap ini sama dengan tahap kelima disebut juga dengan brand environment (lingkungan merek).
Jika seluruh aspek dari brand bekerja
dengan harmonis dengan nilai sesuai yang diharpkan untuk karir dan bisnis maka
itulah congruence.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar