Kini di era MEA 2015 war for talent antar organisasi telah menjadi kenyataan di depan mata kita. Kebutuhan unit kerja, organisasi dan kepesatan peningkatan perusahaan tidak diiringi ketersediaan penawaran profesional yang sepadan. Hal ini mengakibatkan perang talenta memanas hingga ke level tertinggi. Persaingan perekrutan dan pembajakan talenta profesional bahkan menghadirkan praktik perang talenta di luar batas logika akal sehat. The demands for talent for exceeds supply. Manajemen talenta, tak pelak merupakan salah satu isu prioritas yang paling membuat pusing para eksekutif puncak dewasa ini

Jumat, 12 Desember 2014

Jangan berlarut dalam Kesalahan, MOVE on Gan!!


Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan dalam hidupnya. Masalahnya tidak terletak pada kesalahan yang dibuat, tetapi bagaimana seseorang belajar dari kesalahan yang dibuatnya.
Ada sebagian orang yang kerap berlarut dalam kesalahan yang dibuatnya, ada juga yang menganggap kesalahan hanya boleh terjadi sekali dan tidak boleh terulang kembali. Bagaimana cara membuat kesalahan hanya boleh terjadi sekali? FastCompany.com memberikan beberapa tipsnya untuk Anda:
1. Resapi Apa yang Terjadi
Berikan kesempatan bagi diri Anda untuk memproses kesalahan yang Anda buat. Apakah yang Anda lakukan benar-benar suatu kesalahan? Terkadang yang terjadi hanyalah kesalahpahaman, kurangnya komunikasi yang terjadi, atau perbedaan sudut pandang.


Namun jika Anda benar-benar membuat kesalahan, di kantor terutama, cobalah untuk memperbaikinya secepatnya. Anda bisa mulai dengan memberikan jeda untuk menyusun strategi dalam memperbaiki kesalahan yang Anda buat. Setelah itu, Anda bisa mulai meminta saran dari pada senior Anda ataupun rekan kerja Anda. Bagaimana caranya?
Pertama-tama Anda memerlukan ruang khusus untuk meluruskan kesalahan yang Anda buat. Carilah tempat yang memberikan kesan netral, karena hal ini akan membuat kedua belah pihak untuk lebih objektif dalam memberikan saran.
Kedua, lakukan secara personal. Tunjukkan bahwa Anda memiliki keinginan untuk meluruskan kesalahan yang Anda buat. Berbicaralah dengan jelas dan lakukan kontak mata dengan baik.
Ketiga, dalam meluruskan kesalahan yang Anda buat, apa yang Anda katakan bergantung kepada kredibilitas Anda. Anda bisa memulai dengan mengakui bahwa Anda membuat kesalahan. Jangan sekali-kali mencoba untuk melimpahkan kesalahan Anda pada orang lain ataupun hal lain.
2. Meminta Maaflah Namun Sekali Saja
Ketika Anda melakukan kesalahan, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah meminta maaf. Namun jika Anda terlalu sering menggunakan kata maaf atas kesalahan Anda, hal itu tidak akan membuat orang lain memaafkan kesalahan Anda. Mereka justru akan kesal kepada Anda.
3. Mencari Solusi
Setelah Anda meminta maaf, cobalah untuk berdiskusi terkait rencana Anda untuk memperbaiki kesalahan. Tunjukkan bahwa Anda belajar dari pengalaman dan akan melihat suatu hal dari sudut pandangan yang berbeda. Berikan manajer Anda dua atau tiga opsi untuk membantu mereka keluar dari situasi salah yang Anda buat.
4. Mintalah Umpan Balik
Ketika Anda bertanya mengenai umpan balik dari yang sudah Anda lakukan guna memperbaiki kesalahan, hal ini menunjukkan bahwa Anda mengakui kesalahan yang Anda perbuat. Hal ini akan membuat diri Anda semakin berkembang.
Untuk bangkit dari kesalahan yang pernah dibuat, mungkin tidak mudah dan tidak secepat makanan instan. Namun jika Anda melakukannya dengan benar maka membuat kesalahan akan membuat Anda mendapat kesempatan untuk belajar dari pengalaman dan mengembangkan diri Anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar