Kini di era MEA 2015 war for talent antar organisasi telah menjadi kenyataan di depan mata kita. Kebutuhan unit kerja, organisasi dan kepesatan peningkatan perusahaan tidak diiringi ketersediaan penawaran profesional yang sepadan. Hal ini mengakibatkan perang talenta memanas hingga ke level tertinggi. Persaingan perekrutan dan pembajakan talenta profesional bahkan menghadirkan praktik perang talenta di luar batas logika akal sehat. The demands for talent for exceeds supply. Manajemen talenta, tak pelak merupakan salah satu isu prioritas yang paling membuat pusing para eksekutif puncak dewasa ini

Jumat, 06 Februari 2015

LEBIH JAUH TENTANG INISIATIF

Inisiatif adalah dorongan untuk mengidentifikasi suatu masalah, peluang atau rintangan dan mengambil tindakan untuk menyelesaikan masalah atau menangkap peluang yang ada, baik sekarang maupun di masa mendatang. Inisiatif adalah secara proaktif MELAKUKAN suatu tindakan, TIDAK SEKEDAR BERPIKIR tentang tindakan apa yang harus diambil di masa mendatang.
Inisiatif terlihat dari sejauh mana individu mampu melihat dan mengantisipasi masalah/peluang dan melakukan tindakan. Implementasi teoritisnya dapat diwujudkan antara lain:


1.     Mengidentifikasi dan mengambil tindakan atas peluang yang ada, baik saat ini, maupun yang akan ada dalam kurun waktu beberapa bulan/tahun mendatang.
2.     Bertindak atas masalah yang ada termasuk di dalamnya mengatasi hambatan-hambatan.
3.     Melakukan segala sesuatu tanpa diminta dan menyelesaikannya hingga tuntas
4.     Bertindak cepat dalam menghadapi krisis meskipun tanpa informasi yang lengkap.
5.     Bertindak cepat berdasarkan informasi yang tersedia dengan mengantisipasi akibat di masa depan atas keputusan yang dibuat.
”Dengan berinisiatif, maka kita mewujudkan sikap dasar humanis kita, yaitu untuk bertindak, dan bukan menjadi sasaran tindakan. Kita tidak hanya memilih respon yang tepat atas impuls yang kita alami, tetapi juga menciptakan keadaan tertentu yang kita inginkan.”
Banyak orang yang menunggu terjadinya keajaiban agar hidup mereka berubah menjadi lebih baik. Akan tetapi, tentu saja itu tak akan terjadi. Orang-orang yang kehidupannya meningkat dari waktu ke waktu adalah orang-orang yang mampu menjadi solusi atas masalah, bukan menjadi masalah itu sendiri. Dan memiliki inisiatif untuk mengerjakan apa yang diperlukan serta konsisten dengan prinsip-prinsipnya. Mereka tidak hanya sekedar menunggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar