Kini di era MEA 2015 war for talent antar organisasi telah menjadi kenyataan di depan mata kita. Kebutuhan unit kerja, organisasi dan kepesatan peningkatan perusahaan tidak diiringi ketersediaan penawaran profesional yang sepadan. Hal ini mengakibatkan perang talenta memanas hingga ke level tertinggi. Persaingan perekrutan dan pembajakan talenta profesional bahkan menghadirkan praktik perang talenta di luar batas logika akal sehat. The demands for talent for exceeds supply. Manajemen talenta, tak pelak merupakan salah satu isu prioritas yang paling membuat pusing para eksekutif puncak dewasa ini

Rabu, 10 Februari 2016

Kuasai 5 Menit Awal hadapi Grogi Berbicara Didepan Banyak Orang

Uraian kali ini mungkin saja kita tengah mengalami hal yang sama terlebih bila saat ini menduduki posisi atau jabatan yang menuntut anda harus mampu berbicara dihadapan orang banyak. Goodnews nya, tidak hanya anda yang mempunyai sikap grogi berbicara, bahkan yang berpengalaman pun masih saja dihinggapi persaan seperti itu tapi hanya saja bagi mereka terjadi sesaat dan diwaktu permulaan selanjutnya mampu mengatasinya dengan baik. Badnews nya, jika anda tidak segera mengatasinya maka tingkat kwalitas yang seharusnya anda miliki bisa hancur begitu saja karena ditimpa rasa malu yang menghujam dan meruntuhkan mental anda.

Ironisnya, peristiwa ini mungkin bisa saja terjadi ketika anda yang awalnya grogi saat berbicara namun ketika sudah mengusai karena saking enjoy nya justru malah kekurangan waktu. So far, titik kritisnya disaat presentasi ialah pada 5 menit pertama bila menguasainya maka akan terasa mudah. Terkait penguasaan 5 menit pertama, kali ini Tipskarir ingin berbagi dalam mengatasi rasa grogi tersebut :


REKOMENDASI PRODUK UNTUK ANDA: 
Pertama, Aspek Paradigma (Pola Pikir).
Pahamilah untuk sugesti diri bahwa anda expert dibidang anda namun belum tentu expert dibidang lain. Sebaliknya pahamilah juga bahwa pendengar anda tidak secanggih penguasaannya dibanding anda namun mereka lebih paham di hal yang lain yang tidak anda kuasai. Terima fakta tersebut dan hal ini akan membuat “Percaya Diri” disaat presentasi. Kemungkinan terburuk dari presentasi ini ialah anda malu, tidak mendapatkan deal bisnis ataupun repeat order atau hal lainnya namun tidak akan membuat anda mati berdiri. So, beranilah menghadapi kenyataan dengan cara bertindak.


Kedua, Aspek Skill
Mulailah berdiri dengan mantap pada “home position” dan tatap mata seluruh audience. Yang dimaksud home position disini ialah tempat berdiri anda didepan audience dimana anda mampu mengontrol semua kondisi audience. Bersuaralah yang lantang tatkala memulai berbicara di awal kalimat anda dengan senyum yang tulus, bila ini anda lakukan yakni untuk melepas grogi anda. Jika grogi awal ini sudah diatasi bisa dijamin presentasi anda akan beres. Tak kalah pentingnya yaitu penguasaan tools, semisal laptop, laser poin, wifi pointer atau lainnya sebagainya yang biasa digunakan dalam presentasi.Dengan demikian anda menguasai teknik untuk intro sebuah presentasi. Maka bersiaplah sebelum anda melakukan prsentasi didepan banyak orang.

1 komentar:

  1. Use this diet hack to drop 2 lb of fat in just 8 hours

    Well over 160 000 women and men are losing weight with a simple and secret "water hack" to lose 2lbs each night in their sleep.

    It's very easy and it works every time.

    You can do it yourself by following these easy steps:

    1) Grab a glass and fill it up half glass

    2) Then do this crazy HACK

    so you'll become 2lbs lighter the next day!

    BalasHapus