Bhalotia (2002:4) menciptakan personal brand banyak kemiripan dengan
menciptakan brand lainnya. Elemen brand harus dibuat, memberikan makna,
memposisikannya dan komunikasikan maksudnya dengan teratur dan berkali kali.
Yang
dimaksud dengan Tahapan pada personal
branding adalah sebagai berikut;
- Menentukan siapa personal branding. Harus ditentukan
apa kekuatan terbesar dan paling berharga sebagai personal traits pada personal
branding.
- Menentukan apa yang dilakukan personal branding. Ditentukan satu
area terbesar yang paling diminati atau keinginan terbesarnya. Hal ini
merefleksikan satu jenis pekerjaan yang akan dilakukan dalam kehidupan.
- Memposisikan personal branding. Dengan
identifikasi kualitas atau karakteristik yang membuat seseorang menjadi
khusus dari kompetitor atau rekan kerja, satu diantaranya dapat
menciptakan posisi bagi personal
branding.
- Mengelola Personal Branding-nya. Kunci dari kampanye personal branding adalah pemasaran dari word-of mouth marketing. Kendaraan terpenting dari personal branding adalah jaringan teman, kolega, klien dan pelanggan.
O’neil (2010:15) mengatakan bahwa merencanakan proses personal branding memerlukan empat
langkah. Langkah-langkah tersebut adalah; (1) Discovery, (2) Brand, (3)
Approach dan (4) Management. Yang dimaksud dengan langkah-langkah tersebut adalah; Discovery (penemuan) adalah apa yang
akan dikatakan kepada orang lain mengenai citra positif dari personal branding
berdasarkan track record-nya. Brand (merek) adalah pernyataan mengenai
target atau tujuan akhir dari personal
branding. Approach (pendekatan)
adalah langkah strategi personal branding
yang penting untuk mencapai target. Approachment
menggunakan 4Cs of personal
marketing, yaitu; a) Content, b) Community, c) Conversation, d) Consistency.
Management adalah dimulainya
menjalankan strategi personal branding
dan mengadakan pengukuran dan evaluasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar