Pernahkah Anda
merasa stuck dengan pekerjaan Anda? Jika ya, maka hal ini merupakan hal yang
wajar terjadi pada setiap orang. Namun terdapat beberapa kesalahan yang
menyebabkan Anda merasa stuck dengan pekerjaan Anda. Apa saja hal itu?
TheMuse.com memberikan pemaparannya bagi Anda.
1. Mengambil suatu
pekerjaan hanya karena uangnya
Gaji yang tinggi
untuk suatu posisi mungkin sangat menggoda Anda. Tanpa pikir panjang Anda
langsung mengambil pekerjaan tersebut. Lalu tidak lama kemudian Anda merasa
tidak senang saat menjalankan pekerjaan tersebut. Misalnya, Anda mengambil
pekerjaan sebagai konsultan hanya karena bayarannya tinggi, namun Anda tidak
dapat menyeimbangkan antara karir dengan hidup Anda. Lalu, bagaimana cara bijak
untuk menghadapinya? Bonnie Diamond, konsultan karir di Right Management,
menyarankan Anda untuk membuat rencana untuk keluar, budget dan timeline.
“Mungkin Anda bisa
berkata pada diri Anda sendiri bahwa ’Saya akan bekerja keras dalam pekerjaan
ini untuk dua tahun ke depan dan menyimpan gaji saya untuk mencari karir lain
yang membuat saya lebih puas secara pribadi’’” Namun perlu Anda ketahui bahwa
jika Anda tetap bertahan pada pekerjaan tersebut, Anda perlu membuka pikiran
Anda.
“Cobalah untuk
memperhatikan lingkungan kantor Anda, cari tahu project apa saja yang mereka
miliki, mungkin di antaranya ada yang cocok untuk Anda,” tambah Victoria
Crispo, selaku managing partner & career coach di Career Service USA.
2. Mengambil
pekerjaan tanpa memahami pekerjaan tersebut
Anda perlu memahami
betul apa yang Anda kerjakan. Salah satu caranya dengan bertanya pada
supervisor Anda. “Tanyakan padanya mengapa Anda direkrut, kemampuan apa yang
Anda miliki dan apa yang Anda rasakan saat menjalankan pekerjaan ini,” ungkap
Crispo. Selain itu perlu Anda ingat bahwa sekali Anda mendapatkan kesempatan
untuk interview, artinya itu adalah kesempatan Anda untuk meng-interview
perusahaan yang akan Anda masuki, sama halnya mereka meng-interview diri Anda.
3. Terlalu nyaman
pada suatu posisi pekerjaan
Terlalu nyaman pada
suatu pekerjaan merupakan salah satu tanda bahwa Anda stuck dengan pekerjaan
Anda. Anda perlu untuk terus belajar dan meningkatkan kemampuan Anda. Anda
perlu menunjukan apa yang Anda miliki. Tunjukkan bahwa Anda memiliki kemampuan
lebih dari yang orang lain lihat. Jika Anda memiliki ketertarikan dalam event
planning namun tidak pernah terjun langsung ke lapangan, mungkin ini saatnya
Anda mulai untuk terjun bersama rekan Anda. Selain itu, memulai dari hobi atau
ketertarikan Anda pada hal lain akan memberikan warna pada pekerjaan Anda.
4. Bekerja dalam
peran yang spesifik dan dalam bidang yang cukup sempit
Terdapat beberapa
kelebihan dan kekurangan dalam bekerja di bidang yang spesifik. “Dalam survey
online, jika seseorang memiliki kemampuan yang cukup spesifik, hal tersebut
dapat membuat dirinya lebih mudah direkrut,” ungkap Diamond. Namun semakin
canggihnya teknologi maka hal ini membuat kemampuan spesifik Anda semakin
menyempit karena bidangnya juga ikut menyempit. Positifnya Anda, Anda bisa
mengambil keuntungan dari kemampuan spesifik Anda dan meminta bantuan dari
teman dan keluarga Anda. “Jika Anda sudah berada dalam suatu karir cukup lama,
mungkin tanpa Anda sadari Anda sangat baik dalam bidang itu,” tambah Crispo.
5. Skill Anda
semakin ketinggalan zaman
Jika Anda merasa
tidak berkembang pada posisi Anda pada saat ini, maka ini saatnya Anda untuk
meng-upgrade kemampuan Anda. Anda bisa mulai bertanya pada atasan Anda mengenai
kesempatan training and development, selain itu jangan lupa jelaskan apa
keuntungan yang di dapat bagi perusahaan. Berikanlah argumen yang baik mengapa
hal itu penting bagi diri Anda untuk meningkatkan kemampuan Anda. Hal ini dapat
memberikan investasi tidak hanya untuk perusahaan, tapi juga untuk diri Anda.
6. Takut untuk
mencoba hal baru
Seringkali seseorang
stuck dalam suatu pekerjaan karena terlalu takut untuk membuat perubahan. Anda
perlu merubah pola pikir Anda mengenai hal ini. Cobalah untuk mencoba hal baru,
mengambil project baru, dan melakukan hal yang selama ini Anda tolak. Keluarlah
dari comfort zone Anda dan rasakan perubahannya.
7. Anda mulai
melupakan nilai-nilai dan hal yang penting bagi Anda
Dalam membangun
karir yang panjang sering kali kita menjadi terlalu sibuk dan melupakan hal-hal
yang benar-benar berharga bagi kita. Kembalilah pada pertanyaan-pertanyaan awal
seperti apa yang penting bagi Anda, apa yang tidak bisa Anda terima, apa hal
yang harus Anda dapatkan dan apa saja yang harus Anda hindari. Bersikap
jujurlah pada diri Anda sendiri.
Bila, misalnya, Anda
sebenarnya beraspirasi untuk bekerja pada perusahaan nonprofit tetapi saat ini
masih berada di dunia korporat, mulai pikirkan rencana aksi untuk melakukan
transisi itu. Mungkin tidak akan terjadi segera, tetapi Anda harus persiapkan
tahapannya sehingga hal itu bisa menjadi kenyataan pada akhirnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar