Kini di era MEA 2015 war for talent antar organisasi telah menjadi kenyataan di depan mata kita. Kebutuhan unit kerja, organisasi dan kepesatan peningkatan perusahaan tidak diiringi ketersediaan penawaran profesional yang sepadan. Hal ini mengakibatkan perang talenta memanas hingga ke level tertinggi. Persaingan perekrutan dan pembajakan talenta profesional bahkan menghadirkan praktik perang talenta di luar batas logika akal sehat. The demands for talent for exceeds supply. Manajemen talenta, tak pelak merupakan salah satu isu prioritas yang paling membuat pusing para eksekutif puncak dewasa ini

Minggu, 28 Desember 2014

9 Bad Habits you Need to Drop


Dibanding membaca buku mengenai motivasi untuk meningkatkan produktivitas, mungkin Anda bisa memulai dengan menghentikan kebiasaan yang membuat Anda tidak produktif. Tim Ferris, penulis buku The 4-hour Week, memberikan sembilan kebiasaan yang perlu Anda hentikan untuk meningkatkan produktivitas Anda.

1. Jangan mengangkat telepon dari orang yang tidak Anda kenal
Mengangkat telepon dari orang yang tidak Anda kenal merupakan salah satu gangguan yang cukup menganggu produktivitas Anda. Terkadang telepon-telepon ini dapat datang dari orang yang tidak Anda sangka dan membuat Anda tenggelam dalam perbincangan yang, tanpa Anda sadari, mengurangi produktivitas Anda.


2. Jangan membuat email menjadi prioritas utama Anda
Pada masa kini mungkin semua orang memiliki ketergantungan pada email. Mengecek email pada saat baru bangun tidur atau sebelum tidur, mungkin menjadi kebiasaan Anda dan akan membuat Anda merasa hampa jika tidak melakukannya. Secara psikologis, hal ini membuat email bersifat seperti kokain bagi otak, sehingga Anda merasa mengecek email merupakan hal yang sangat penting.
Menurut Tim, mengecek email pada saat bangun tidur akan mengganggu prioritas Anda pada hari itu. Sedangkan bila Anda mengecek email sebelum tidur, mungkin Anda sudah tahu, bahwa hal tersebut dapat mengganggu waktu tidur Anda.

3. Jangan datang ke meeting yang agendanya tidak jelas
Jika agenda meeting dan waktu meeting belum jelas, sebaiknya Anda tidak mengiyakan ajakan meeting tersebut. Agenda yang jelas dan alokasi waktu yang jelas dapat membuat meeting menjadi lebih efektif dan efisien sehingga dapat meningkatkan produktivitas.

4. Jangan membahas hal yang tidak penting
Jika Anda sedang mengerjakan sesuatu lalu ada seseorang yang menelepon Anda dan itu tidak ada kaitannya dengan apa yang sedang Anda kerjakan, mungkin Anda bisa mengakhirinya secepatnya. Karena jika Anda tidak langsung mengakhiri perbincangan maka Anda akan semakin tenggelam dengan apa yang dibicarakan dan mengganggu Anda dalam menyelesaikan apa yang sedang Anda kerjakan.

5. Jangan terlalu sering mengecek email
Ketergantungan akan email membuat Anda secara rutin mengecek email Anda, baik itu email pribadi ataupun email kantor. Semakin Anda sering mengecek email, maka akan semakin aware juga Anda terhadap itu. Hal ini dapat mengganggu produktivitas Anda saat bekerja. Saat Anda sedang fokus menyelesaikan tugas dan tiba-tiba ada notifikasi email, Anda akan segera mengeceknya dan tenggelam dalam email-email tersebut. Hal ini kemudian akan menyebabkan beberapa waktu terbuang percuma. Karena itulah Anda perlu belajar menahan diri untuk tidak mengecek email setiap saat.

6. Jangan berkomunikasi berlebihan dengan pelanggan yang repot
Akan ada pelanggan yang sangat cerewet namun sesungguhnya tidak membawa banyak value kepada organisasi. Terlalu memprioritaskan pelanggan seperti ini pun bisa mengganggu produktivitas Anda juga.

7. Jangan selalu merasa diburu-buru
Jika Anda tidak memiliki manajemen prioritas yang baik, maka Anda akan terus merasa seperti dikejar deadline. Segala halnya akan terlihat penting dan mendesak. Anda perlu mengurangi hal ini dengan melakukan manajamen terhadap prioritas apa saja yang perlu Anda kerjakan terlebih dahulu dan mana yang bisa dikerjakan nanti. Jika manajemen prioritas Anda baik, maka Anda tidak akan merasa diburu-buru dalam menyelesaikan suatu hal.

8. Jangan terus-menerus menenteng gadget
Gadget mungkin menjadi salah satu benda yang penting untuk dibawa pada setiap kesempatan. Membawa gadget pun dapat membantu Anda untuk menyelesaikan tugas Anda. Namun isi gadget mungkin tidak hanya sekedar untuk urusan kantor, tapi juga bisa urusan pribadi Anda. Jika Anda terbiasa menenteng gadget dan mengeceknya setiap saat, maka hal tersebut akan memakan waktu Anda. Biasakanlah untuk tidak memegang gadget setiap saat. Kurangilah secara perlahan-lahan.

9. Jangan Bekerja Hingga Terlalu Berlebihan
Suatu pekerjaan akan berkembang jika Anda memberikan waktu yang lebih. Namun jika Anda memberikan waktu terlalu banyak untuk menyelesaikan suatu pekerjaan maka hal tersebut akan sia-sia dan membuang waktu. Buatlah tenggat waktu yang singkat dan Anda akan lebih fokus, efektif dan produktif dalam menyelesaikan tugas Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar