Dibanding membaca buku mengenai motivasi untuk meningkatkan
produktivitas, mungkin Anda bisa memulai dengan menghentikan kebiasaan yang
membuat Anda tidak produktif. Tim Ferris, penulis buku The 4-hour Week,
memberikan sembilan kebiasaan yang perlu Anda hentikan untuk meningkatkan
produktivitas Anda.
1. Jangan mengangkat telepon dari orang yang tidak
Anda kenal
Mengangkat telepon dari orang yang tidak Anda kenal
merupakan salah satu gangguan yang cukup menganggu produktivitas Anda.
Terkadang telepon-telepon ini dapat datang dari orang yang tidak Anda sangka
dan membuat Anda tenggelam dalam perbincangan yang, tanpa Anda sadari,
mengurangi produktivitas Anda.
2. Jangan membuat email menjadi prioritas utama Anda
Pada masa kini mungkin semua orang memiliki
ketergantungan pada email. Mengecek email pada saat baru bangun tidur atau
sebelum tidur, mungkin menjadi kebiasaan Anda dan akan membuat Anda merasa
hampa jika tidak melakukannya. Secara psikologis, hal ini membuat email
bersifat seperti kokain bagi otak, sehingga Anda merasa mengecek email
merupakan hal yang sangat penting.
Menurut Tim, mengecek email pada saat bangun tidur
akan mengganggu prioritas Anda pada hari itu. Sedangkan bila Anda mengecek
email sebelum tidur, mungkin Anda sudah tahu, bahwa hal tersebut dapat
mengganggu waktu tidur Anda.
3. Jangan datang ke meeting yang agendanya tidak jelas
Jika agenda meeting dan waktu meeting
belum jelas, sebaiknya Anda tidak mengiyakan ajakan meeting tersebut.
Agenda yang jelas dan alokasi waktu yang jelas dapat membuat meeting menjadi
lebih efektif dan efisien sehingga dapat meningkatkan produktivitas.
4. Jangan membahas hal yang tidak penting
Jika Anda sedang mengerjakan sesuatu lalu ada
seseorang yang menelepon Anda dan itu tidak ada kaitannya dengan apa yang
sedang Anda kerjakan, mungkin Anda bisa mengakhirinya secepatnya. Karena jika
Anda tidak langsung mengakhiri perbincangan maka Anda akan semakin tenggelam
dengan apa yang dibicarakan dan mengganggu Anda dalam menyelesaikan apa yang
sedang Anda kerjakan.
5. Jangan terlalu sering mengecek email
Ketergantungan akan email membuat Anda secara rutin
mengecek email Anda, baik itu email pribadi ataupun email kantor. Semakin Anda
sering mengecek email, maka akan semakin aware juga Anda terhadap itu.
Hal ini dapat mengganggu produktivitas Anda saat bekerja. Saat Anda sedang
fokus menyelesaikan tugas dan tiba-tiba ada notifikasi email, Anda akan segera
mengeceknya dan tenggelam dalam email-email tersebut. Hal ini kemudian akan
menyebabkan beberapa waktu terbuang percuma. Karena itulah Anda perlu belajar
menahan diri untuk tidak mengecek email setiap saat.
6. Jangan berkomunikasi berlebihan dengan pelanggan
yang repot
Akan ada pelanggan yang sangat cerewet namun
sesungguhnya tidak membawa banyak value kepada organisasi. Terlalu
memprioritaskan pelanggan seperti ini pun bisa mengganggu produktivitas Anda
juga.
7. Jangan selalu merasa diburu-buru
Jika Anda tidak memiliki manajemen prioritas yang
baik, maka Anda akan terus merasa seperti dikejar deadline. Segala halnya akan
terlihat penting dan mendesak. Anda perlu mengurangi hal ini dengan melakukan
manajamen terhadap prioritas apa saja yang perlu Anda kerjakan terlebih dahulu
dan mana yang bisa dikerjakan nanti. Jika manajemen prioritas Anda baik, maka
Anda tidak akan merasa diburu-buru dalam menyelesaikan suatu hal.
8. Jangan terus-menerus menenteng gadget
Gadget mungkin menjadi salah satu benda yang penting
untuk dibawa pada setiap kesempatan. Membawa gadget pun dapat membantu Anda
untuk menyelesaikan tugas Anda. Namun isi gadget mungkin tidak hanya sekedar
untuk urusan kantor, tapi juga bisa urusan pribadi Anda. Jika Anda terbiasa menenteng
gadget dan mengeceknya setiap saat, maka hal tersebut akan memakan waktu Anda.
Biasakanlah untuk tidak memegang gadget setiap saat. Kurangilah secara
perlahan-lahan.
9. Jangan Bekerja Hingga Terlalu Berlebihan
Suatu pekerjaan akan berkembang jika Anda memberikan
waktu yang lebih. Namun jika Anda memberikan waktu terlalu banyak untuk
menyelesaikan suatu pekerjaan maka hal tersebut akan sia-sia dan membuang
waktu. Buatlah tenggat waktu yang singkat dan Anda akan lebih fokus, efektif
dan produktif dalam menyelesaikan tugas Anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar