Kini di era MEA 2015 war for talent antar organisasi telah menjadi kenyataan di depan mata kita. Kebutuhan unit kerja, organisasi dan kepesatan peningkatan perusahaan tidak diiringi ketersediaan penawaran profesional yang sepadan. Hal ini mengakibatkan perang talenta memanas hingga ke level tertinggi. Persaingan perekrutan dan pembajakan talenta profesional bahkan menghadirkan praktik perang talenta di luar batas logika akal sehat. The demands for talent for exceeds supply. Manajemen talenta, tak pelak merupakan salah satu isu prioritas yang paling membuat pusing para eksekutif puncak dewasa ini

Jumat, 12 Desember 2014

Bedanya Sombong dengan Percaya Diri


Ada satu pernyataan yang menyatakan bahwa sombong dan percaya diri memiliki perbedaan yang sangat tipis. Namun sesungguhnya, perbedaan yang terjadi sangat jauh sekali. Lalu, bagaimana membedakan antara sombong dan percaya diri? The Muse Daily memberikan beberapa tips terkait hal tersebut.

Jadilah Apa Adanya
Mereka yang sombong sebenarnya tidak memahami apa makna percaya diri. Mereka yang sombong akan membicarakan orang lain. Hal ini disebabkan karena mereka berpikir, bahwa orang yang percaya diri akan melakukan hal itu. Selain itu, mereka akan mulai mengemukakan pendapat tanpa berpikir panjang, karena mereka berpikir bahwa orang yang percaya diri mampu membuat dirinya didengarkan oleh orang lain.


Untuk menjadi percaya diri Anda tidak perlu menunjukkannya, sehingga kesannya Anda memalsukan kepercayaan diri Anda dan terlihat sombong. Padahal setiap orang memiliki rasa percaya diri. Hanya saja tidak semua orang mampu mengeluarkannya dengan baik. Jika Anda merasa bahwa apa yang Anda lakukan sudah baik, merasa sudah menjadi diri Anda sendiri dan merasa semuanya terjadi secara natural, maka di saat itulah kepercayaan diri Anda terpancar.

Tidak Perlu Menjadi yang Terbaik
Mungkin Anda kerap kali kecewa dengan apa yang sudah Anda lakukan dan berpikir bahwa Anda dapat melakukannya lebih baik daripada itu. Ketika orang lain melakukan hal yang sama dengan hasil yang lebih baik, Anda juga terpacu untuk melakukan lebih baik dan lebih baik lagi. Ketahuilah bahwa selalu ada orang yang memiliki pengetahuan dan pengalaman yang jauh lebih banyak daripada Anda, dan orang yang sombong tidak dapat melihat hal ini.

Orang yang percaya diri artinya orang yang mampu untuk melihat apa yang terbaik dari orang lain dan mengakui bahwa memang ada orang lain yang jauh lebih baik dari dirinya. Sehingga bukan hal penting bagi mereka untuk menjadi yang terbaik.

Tidak Perlu Bersembunyi
Mereka yang sombong akan memoles diri mereka agar terlihat sempurna. Mereka akan melindungi diri mereka, menjaga jangan sampai kesalahan mereka terlihat orang lain dan melepas tanggung jawab yang dibebankan pada mereka. Hal ini merupakan salah satu bentuk persembunyian orang-orang yang sombong. Ketahuilah bahwa mereka yang paling banyak omong adalah mereka yang memiliki self-esteem rendah.

Orang yang percaya diri akan menunjukan dirinya apa adanya secara natural, tanpa ditutupi dan terlihat sok. Jika Anda telah melakukannya, maka Anda termasuk ke dalam kategori percaya diri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar