Kini di era MEA 2015 war for talent antar organisasi telah menjadi kenyataan di depan mata kita. Kebutuhan unit kerja, organisasi dan kepesatan peningkatan perusahaan tidak diiringi ketersediaan penawaran profesional yang sepadan. Hal ini mengakibatkan perang talenta memanas hingga ke level tertinggi. Persaingan perekrutan dan pembajakan talenta profesional bahkan menghadirkan praktik perang talenta di luar batas logika akal sehat. The demands for talent for exceeds supply. Manajemen talenta, tak pelak merupakan salah satu isu prioritas yang paling membuat pusing para eksekutif puncak dewasa ini

Jumat, 30 Januari 2015

Kebiasaan Menunda Bisa Tingkatkan Efisiensi

Prokrastinasi atau penundaan mungkin dapat membunuh kesempatan yang Anda miliki. Namun prokrastinasi tidakah seburuk itu. Kenyataannya, taktik dan kemampuan yang Anda miliki untuk mengerjakan suatu hal dengan sistem kebut semalam, ternyata memiliki beberapa keuntungan. Apa sajakah hal itu? Inc.com memberikan penjelasannya bagi Anda.  - Prokrastinasi meningkatkan efisiensi  Jika Anda tipe orang yang dapat bekerja lebih efisien dan produktif di bawah tekanan deadline, maka prokrastinasi dapat dikatakan meningkatkan efisiensi kerja Anda. Pekerjaan yang diberi waktu seminggu namun jika Anda mengerjakannya H-1 dapat membuat hasilnya lebih baik dan berkualitas, mengapa berkata tidak untuk menunda? 
 - Prokrastinasi mengurangi usaha yang sia-sia  Pernahkah Anda mengerjakan suatu hal, hanya untuk dikatakan bahwa hal itu sudah tidak dibutuhkan lagi? Jika Anda langsung mengerjakan suatu pekerjaan setelah diberikan, hal ini terkadang terjadi. Dalam setiap bidang industri, dalam setiap tipe pekerjaan, banyak hal dapat berubah. Menunda menyelesaikan suatu pekerjaan sampai mendekati deadline mungkin dapat menghindari usaha sia-sia yang Anda lakukan ketika hal bisa berubah.   


 - Lebih menikmati berbagai macam hal  Jika prokrastinasi artinya membuat Anda menikmati suatu hal pada hari ini dan dapat menyelesaikan hal yang dibebankan pada Anda, maka bukan hal yang salah bagi Anda. Anda justru mendapatkan keuntungan. Pertama, Anda memiliki waktu yang cukup untuk menyenangkan diri Anda, dan kedua Anda mampu menyelesaikan tugas Anda tepat waktu.
 - Prokrastinasi dapat mengurangi kecemasan  Prokrastinasi dapat mengurangi kecemasan bergantung pada: seberapa cemas Anda terhadap tugas yang diberikan pada Anda, dan seberapa cemas diri Anda terhadap prokrastinasi. Terkadang prokrastinasi dapat membuat diri Anda tidak nyaman, cemas ataupun takut. Namun jika Anda dapat menyiapkan diri Anda terlebih dahulu dan menyelesaikannya setelah Anda siap, maka Anda dapat mengurangi kecemasan Anda dalam menyelesaikan tugas tersebut. 
 - Waktu dapat memberikan ide yang lebih cemerlang  Ketika Anda menunda menyelesaikan suatu pekerjaan, bukan berarti Anda tidak memikirkan pekerjaan tersebut. Tanpa Anda sadari Anda memikirkan bagaimana cara menyelesaikan tugas Anda lebih baik. Menurut Frank Partnoy, professor di University of San Diego, prokrastinasi dapat memberikan Anda ide untuk menyelesaikannya lebih baik. 
 - Membuat Anda terkesan rebel  Tahukah Anda? Bahwa pada zaman Yunani dan Roma Kuno, prokrastinasi sangat dihargai dan dihormati. Itu merupakan tanda pengaruh dan kepemimpinan, jika Anda memiliki waktu untuk berpikir dan tidak melakukan apa-apa sampai Anda memiliki pemikiran yang matang untuk membuat keputusan. Memberikan adrenaline rush dalam menyelesaikan pekerjaan.  Tanpa Anda sadari, jika Anda berhasil menyelesaikan suatu pekerjaan saat mendekati deadline, Anda merasa senang, puas dan bangga atas apa yang Anda lakukan. Pada akhirnya Anda berhasil menyelesaikan pekerjaan tersebut meskipun waktunya singkat. Sensasi ini dapat menyenangkan diri Anda.  Jika orang-orang di sekitar Anda terus menerus membahas betapa buruknya prokrastinasi, tutuplah telinga Anda. Mungkin mereka tidak seperti Anda yang memang, lebih bisa bekerja efektif dan efisien ketika di bawah tekanan deadline.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar