Mungkin Anda tidak menyangka bahwa prinsip kerja
seorang chef dapat Anda aplikasikan pada prinsip kerja Anda di kantor.
Anda melihat seorang chef, mungkin kerjanya hanya memotong, memanggang,
menggoreng dan sebagainya. Namun ternyata, pekerjaan mereka lebih dari itu.
Seorang chef memiliki prinsip mis en place,
yang merupakan konsep universal yang menggambarkan kesiapan. Ketika
seorang chef masuk ke dapur, mereka tidak hanya sekedar memasak.
Pertama-tama mereka akan mengecek situasi dan memastikan bahwa apa yang mereka
butuhkan untuk memasak sudah tersedia.
Mengapa hal ini dilakukan, karena ketika memasak jika
Anda menghabiskan beberapa menit atau bahkan beberapa detik untuk mencari apa
yang Anda butuhkan untuk memasak, maka akan menghabiskan waktu lebih banyak
untuk menyelesaikan masakannya.
Lalu, apa kaitannya dengan pekerjaan Anda? Jika
rutinitas Anda setiap pagi adalah mengecek email dan mengangkat telepon,
mungkin Anda bisa mencoba resep rahasia para chef. Cobalah sebelum Anda
melakukan pekerjaan Anda pada hari itu, cobalah mengingat-ingat apa yang akan
Anda lakukan sehari itu. Apa saja yang ada di agenda Anda, project apa
saja yang perlu Anda selesaikan, dan apa saja yang bisa diselesaikan
nanti-nanti. Lalu pikirkan apa saja yang perlu Anda lakukan untuk mencapai apa
yang Anda butuhkan.
Misalnya, Anda memerlukan tanda tangan boss
Anda untuk menjalankan project. Memintanya pada pagi hari akan membuat
Anda mendapatkan waktu lebih untuk menyelesaikan tugas Anda, dibandingkan Anda
baru meminta jam 3 sore dan menyadari bahwa Anda tidak akan dapat maju tanpa
tanda tangan itu.
Bahkan hal sederhana pun, seperti merapikan file atau
bahkan kopi Anda, jika Anda sudah menyiapkan sebelumnya, akan berarti terhadap
produktivitas Anda. Beberapa menit setiap harinya jika Anda sisishkan untuk
menyiapkan apa yang akan Anda lakukan pada hari itu akan membuat Anda berpikir
berbeda atas apa yang akan Anda lakukan dan bagaimana untuk melakukannya dengan
baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar