Kini di era MEA 2015 war for talent antar organisasi telah menjadi kenyataan di depan mata kita. Kebutuhan unit kerja, organisasi dan kepesatan peningkatan perusahaan tidak diiringi ketersediaan penawaran profesional yang sepadan. Hal ini mengakibatkan perang talenta memanas hingga ke level tertinggi. Persaingan perekrutan dan pembajakan talenta profesional bahkan menghadirkan praktik perang talenta di luar batas logika akal sehat. The demands for talent for exceeds supply. Manajemen talenta, tak pelak merupakan salah satu isu prioritas yang paling membuat pusing para eksekutif puncak dewasa ini

Rabu, 28 Januari 2015

Resep Rahasia Para Chef untuk Pekerjaan Anda

Mungkin Anda tidak menyangka bahwa prinsip kerja seorang chef dapat Anda aplikasikan pada prinsip kerja Anda di kantor. Anda melihat seorang chef, mungkin kerjanya hanya memotong, memanggang, menggoreng dan sebagainya. Namun ternyata, pekerjaan mereka lebih dari itu.
Seorang chef memiliki prinsip mis en place, yang merupakan konsep universal yang menggambarkan kesiapan. Ketika seorang chef masuk ke dapur, mereka tidak hanya sekedar memasak. Pertama-tama mereka akan mengecek situasi dan memastikan bahwa apa yang mereka butuhkan untuk memasak sudah tersedia.
Mengapa hal ini dilakukan, karena ketika memasak jika Anda menghabiskan beberapa menit atau bahkan beberapa detik untuk mencari apa yang Anda butuhkan untuk memasak, maka akan menghabiskan waktu lebih banyak untuk menyelesaikan masakannya.


Lalu, apa kaitannya dengan pekerjaan Anda? Jika rutinitas Anda setiap pagi adalah mengecek email dan mengangkat telepon, mungkin Anda bisa mencoba resep rahasia para chef. Cobalah sebelum Anda melakukan pekerjaan Anda pada hari itu, cobalah mengingat-ingat apa yang akan Anda lakukan sehari itu. Apa saja yang ada di agenda Anda, project apa saja yang perlu Anda selesaikan, dan apa saja yang bisa diselesaikan nanti-nanti. Lalu pikirkan apa saja yang perlu Anda lakukan untuk mencapai apa yang Anda butuhkan.
Misalnya, Anda memerlukan tanda tangan boss Anda untuk menjalankan project. Memintanya pada pagi hari akan membuat Anda mendapatkan waktu lebih untuk menyelesaikan tugas Anda, dibandingkan Anda baru meminta jam 3 sore dan menyadari bahwa Anda tidak akan dapat maju tanpa tanda tangan itu.
Bahkan hal sederhana pun, seperti merapikan file atau bahkan kopi Anda, jika Anda sudah menyiapkan sebelumnya, akan berarti terhadap produktivitas Anda. Beberapa menit setiap harinya jika Anda sisishkan untuk menyiapkan apa yang akan Anda lakukan pada hari itu akan membuat Anda berpikir berbeda atas apa yang akan Anda lakukan dan bagaimana untuk melakukannya dengan baik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar