Dalam menyelesaikan pekerjaan kantor sehari-hari, ketenangan merupakan
faktor kunci yang harus selalu diupayakan ada dalam diri setiap karyawan.
Bagaimana bisa bekerja dengan baik bila diri berada dalam kondisi yang tidak
tenang? Ketenangan pada diri seseorang tentu saja tidak hanya menyangkut
ketenangan batin tapi ketenangan fisik juga tak kalah penting.
Banyak karyawan yang sebelum memasuki kantor sudah was-was duluan. Hati
deg-degan, jantung berdebar-debar dan perasaan seperti diburu-buru. Seperti ada
yang mengejar-ngejar dari belakang dan itu membuat orang jadi panik.
Lebih-lebih, kalau sejak di perjalanan sudah ditelepon oleh bos dan diingatkan
bahwa hari ini akan ada meeting penting dengan klien. Atau, misalnya hari ini
adalah jadwal Anda untuk presentasi memperebutkan tender tertentu, maka sebelum
sampai di kantor pun rasanya "kemrungsung", ada kekhawatiran akan
gagal dan sebagainya sehingga mengganggu keseimbangan psikis dan fisik.
Terlepas dari situasi-situasi luar biasa yang harus dihadapi dengan
kesiapsediaan dan persiapan khusus, bagaimana pun ketenangan merupakan suatu
keadaan yang selalu diperlukan. Bekerja dengan tenang yang terjaga akan
memberikan hasil yang lebih maksimal. Atau, dengan kata lain, ketenangan yang
maksimal akan menghasilkan produktivitas yang tinggi. Oleh karenanya,
senantiasa diperlukan karyawan-karyawan yang tenang, tidak gampang panik, dalam
segala situasi dan kondisi.
Untuk mencapai sikap tenang sebenarnya tidaklah sesulit yang dibayangkan.
Setiap individu bisa melakukannya dengan usaha-usaha kecil, namun efektif untuk
membantu menenangkan diri setiap saat, sepanjang hari.
1. Memberi salam saat memasuki kantor
Ucapkan asalamualaikum atau pun selamat pagi dengan tulus, sambil menebar
pandangan ke seisi ruangan, menatap satu per satu teman-teman yang sudah lebih
dulu hadir di kantor. Mereka akan bersautan menjawab salam Anda dan itu akan
memberikan efek kebersamaan yang kuat. Anda akan mendapatkan energi positif
dari situ.
2. Mengecek email sebelum yang lain
Chatting, brosing, nge-blog, posting di milis sudah bukan rahasia lagi
telah menjadi bagian keseharian kita di kantor. Lakukan saja. Tapi, sebelum itu
semua sebaiknya cek email terlebih dahulu agar jangan sampai ada janji meeting,
surat penawaran dari calon klien, pertanyaan yang harus dijawab segera dan
hal-hal penting lain berkaitan dengan pekerjaan yang terlewat atau pun terlupa.
Jawab segera email yang memang mendesak untuk dijawab, jangan ditunda. Dengan
mengawali hari seperti itu akan membuat Anda tenang untuk mengerjakan
tugas-tugas selanjutnya.
3. Menjaga sikap duduk yang tenang
Sikap dan posisi duduk yang benar, dagu yang selalu mendongak, tubuh yang
senantiasa tegap akan memberikan efek ketenangan pada keseluruhan fisik dan
juga jiwa Anda.
4. Melepas sepatu
Tidak, Anda tidak salah dengar. Ini memang disarankan karena dengan telapak
kaki yang terbebas dari sepatu, dan langsung menatak ke lantai/karpet, akan
menstimulasi perasaan tenang.
5. Bunga di vas dan bola remas
Kalau bunga "beneran" merepotkan, maka bunga plastik yang ditaruh
dalam vas kecil di atas meja pun akan menjadi pemandangan yang menyegarkan.
Bola remas yang biasa Anda jumpai di toko-toko "serba lima ribu" bisa
membantu Anda di saat-saat tertentu ketika Anda panik atau khawatir. Dengan
meremas-remas bola itu, ketegangan yang menyelimuti tubuh Anda akan mengendor
sehingga Anda menjadi lebih tenang.
6. Makan siang lebih awal
Berkantor di pusat perkantoran yang padat membuat Anda harus mengantri
panjang saat makan siang di kantin. Dengan memajukan waktu makan siang sedikit
lebih awal dari yang lain, Anda akan bisa menikmati makan siang Anda lebih
santai, dan selesai juga lebih cepat sehingga memberikan ketenangan untuk
menghadapi separo hari kerja yang masih harus dilewati.
7. Buatlah kopimu sendiri
Menjelang sore mungkin Anda perlu secangkir kopi atau teh. Tunggu, tidak
perlu menyuruh office boy untuk melakukannya. Pergilah sendiri ke pantri untuk
membuatnya dan itu memberi kesempatan bagi Anda untuk bergerak, meregangkan
otot-otot tubuh yang kecapekan duduk, hingga akhirnya Anda mendapatkan
ketenangan.
8. Selalu berpikir positif
Ya, berpikir positif bukan sekedar lawakan yang selalu diulang-ulang oleh
Tukul di acara Empat Mata. Meski ini klise, tapi dampaknya nyata. Berpikir
positif bahwa klien yang akan Anda hadapi 1-2 jam lagi adalah orang yang
kooperatif dan ramah akan membuat Anda tenang.
9. Jangan meributkan hal-hal kecil
Teman sebelah meja Anda lupa mengembalikan pulpen yang dipinjamnya dari
Anda? Tidak perlu nyolot dengan misalnya, "Kebiasaan, deh!" Bilang
saja, "Pulpennya udah belum? Kalau udah taruh sini lagi ya, biar besok
kalau mau minjam lagi gampang."
10. Kembangkan rasa humor
Jika Anda memiliki bos yang berselera humor dan suka melucu, bersyukurlah.
Tapi, kalau tidak, Anda sendiri bisa menciptakan atmosfer kantor yang selalu
diwarnai dengan humor. Komentari sesuatu dengan lucu agar tercipta suasana
keakraban yang hangat dan menenangkan hati.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar