Kini di era MEA 2015 war for talent antar organisasi telah menjadi kenyataan di depan mata kita. Kebutuhan unit kerja, organisasi dan kepesatan peningkatan perusahaan tidak diiringi ketersediaan penawaran profesional yang sepadan. Hal ini mengakibatkan perang talenta memanas hingga ke level tertinggi. Persaingan perekrutan dan pembajakan talenta profesional bahkan menghadirkan praktik perang talenta di luar batas logika akal sehat. The demands for talent for exceeds supply. Manajemen talenta, tak pelak merupakan salah satu isu prioritas yang paling membuat pusing para eksekutif puncak dewasa ini

Jumat, 13 Maret 2015

KEPEMIMPINAN DAN HARAPAN ORGANISASI DALAM ABAD INI

Apakah yang diharapkan oleh organisasi dari angkatan kerja mereka dalam abad ini ? Bagimana kepemimpinan dapat mempengaruhi dalam memenuhi harapan organisasi yang sejalan dengan tuntutan perubahan itu sendiri ?

Dari sisi keterampilan teknis dan ketrampilan komunikasi (berbicara, mendengar, membaca dan menulis), diharapkan dari para karyawan adalah :

• Menjadi proaktif dalam pekerjaan mereka dan karir mereka. Karena mereka 1) mengambil inisiatip dari pekerjaan saat ini, 2) menerima gerakan lateral untuk mendapatkan keterampilan beragam, 3) mengetahui diri sendiri dan meneruskan keinginan tahuannya, kemana mereka hendak pergi dalam organisasi, 4) mengambil resiko dengan pengembangan aktivitas baru dan menggunakan sistim suport untuk membantu mereka dalam pengembangan mereka, 5) memimpin diri sendiri dan menjadi siap terhadap perubahan.
• Menerima dan mengelola diri sendiri sehingga efektif dengan perubahan.


• Diperkiran akan lebih bertanggung jawab.
• Menjadi bertanggung jawab atas proses dan kualitas.
• Menjadi anggota yang mampu mengelola diri kedalam tim kerja yang diperlukan kompetensi antar personal.
• Menempatkan nilai lebih atas kepuasan pelanggan.
• Menjaga kekritan mereka dan keterampilan dalam kreativitas memecahkan masalah, keterampilan menyimpulkan dan menganalisa.

Para eksekutif organisasi mengharapkan, peningkatan keterampilan dalam merencanakan, mengorganisir, mengontrol dan memimpin yaitu :

• Berpikir secara global dan memahami peluang bisnis global.
• Mengelola mutibudaya mendukung kerja tim secara fleksibel dan responsip sebagai cara lintas kerja dengan budaya yang dapat mendukung tolaransi.
• Menjadi komit terhadap pengambangan manusia yang terkait dengan kerja.
• Memiliki keterampilan untuk mengelola kerja sama dengan kompetiter formal.
• Memperlihatkan keterampilan terhadap kerja lintas budaya, mengelola prubahan dalam satu lingkungan yang dinamis.
• Memperlihat keterampilan dalam kontektual, multi dimensi pemikiran, Mereka harus melihat tantangan organisasi mereka menghadapi politik, sosial, teknologi atau latar belakang global yang terkait operasinya.
• Memproses keterampilan untuk menetapkan arah organisasi terhadap penciptaan visi, misi dan tujuan dan kemampuan menggerak manusia mewujudkan visi.
• Memiliki keterampilan untuk pemahaman dan efektivitas personal.

Selanjutnya pegawai dan eksekutif juga mengharapkan dari organisasi mereka.yang berkaitan dengan kompensasi dan kesejahteraan, profesional kontrak, pengalaman dan keterampilan yang dihargai atas karir dan gaya hidup mereka.

Bila terdapat kelemahan-kelemahan di tempat kerja, organisasi seharusnya mencarikan jalan keluar akan tidak menghambat karir dan berdampak atas kerja mereka, adanya kompetisi secara terbuka, ruang gerak kreativitas, kebebasan dan tanggung jawab dan adanya kebersamaan visi terhadap misi perusahaan.

Kepemimpinan disatu sisi harus mampu memenuhi harapan organisasi dan disisi lain ia harus mampu mempengaruhi kepentingan pegawai, manajer dan eksekutif. Kesemuanya itu diperlukan satu strategi yang dapat diaplikasikan untuk menyelesaikan apa yang diharapkan organisasi dan apa yang diharapkan dari karyawan.

Dengan menciptakan iklim organisasi yang sehat akan mendukung pemanfaatan budaya perusahaan yang mampu menggerakkan keseimbangan kepentingan kedua belah pihak.

Disinilah letak kunci pentingnya adanya pelatihan dalam kerangka pengembangan sumber daya manusia yang bertanggung jawab.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar