Manajemen Waktu Bagi Pekerja Sembari
Kuliah
Pertimbangkan Pilihanmu
Cari tahu apakah jadwal kuliah memungkinkanmu untuk mencari pekerjaan paruh
waktu atau tidak. Beberapa kampus atau universitas memungkinkan para
mahasiswanya untuk mengatur jadwal kuliah mereka sendiri, sehingga kamu bisa
mengatur jadwal antara bekerja dan kuliah. Setelah jadwal kuliah beres, cari
pekerjaan yang mempunyai fleksibiltas tinggi. Pertimbangkan beberapa hal
seperti, apakah pekerjaanmu memungkinkan untuk cuti saat ujian datang, jenis
pekerjaan dan gaji. Jangan lupa tanyakan, apakah kamu bisa bekerja dari rumah
atau tidak.
Manfaatkan Waktu
Waktu kerja dan waktu kuliah cenderung bersamaan, hal inilah yang menjadi
salah satu kesulitan yang berat. Selama kamu memilih kuliah sambil bekerja,
otomatis waktu senggang yang kamu punya akan semakin sedikit. Jadi, manfaatkan
waktu dengan baik, tidak perlu takut jika tugas kuliah atau tugas kantormu
tidak bisa diselesaikan dalam waktu yang sempit. Cicil segala tugas sedikit
demi sedikit, sehingga saat deadline datang, kamu sudah bisa
mengumpulkannya.
Prioritaskan yang Penting
Mengatur jadwal yang mana harus dipriotiskan memang agak sedikit bersifat
teknis jika kamu ingin berjalan dengan lancar. Menurut buku Seven Habits of Highly
Effective People karangan Dr. Stephen Covey, membagi skema
menarik mengenai pembagian prioritas. Dalam buku tersebut, skala prioritas
dibagi menjadi empat kuadran; (Q1) Penting dan Mendesak, (Q2) Penting Namun
Tidak Mendesak, (Q3) Tidak Penting Namun Mendesak dan (Q4) Tidak Penting dan
Tidak Mendesak. Dengan mengetahui kepentinganmu berada di kuadran mana akan
memudahkan untuk mengatur skala prioritas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar